Apa Arti Hidup

by - April 23, 2010

sebenarnya tulisan ini adalah respon setelah membaca blog-nya Raditya Dika (Tumben banget ni orang nulis topik yang serius, hahahahaahahahahay). Tulisan menginspirasi serta memunculkan beberapa pertanyaan pribadi, seperti;



Untuk apa aku hidup?
berapa lama lagi aku hidup?
bagaimana aku mati?
seperti apa pemakamanku? apakah banyak yang datang? siapa saja? mengapa mereka mau datang ke pemakamanku?
adakah hutang yang belum aku selesaikan?
adakah hal yang belum dan masih ingin aku lakukan?
ingin seperti apa aku dikenang?


dan beberapa pertanyaan lainnya.
jawaban untuk yang pertama, aku ingin hidup untuk mengabdi. aku ingin mengabdi untuk negara ini. aku tak ingin jadi korban 'brain drain' yang entah mengapa selalu diagung-agungkan sebagian civitas akademik di negara ini. Yaaahhh, aku juga ingin pergi ke luar negeri, tetapi hanya untuk sebatas belajar, dalam misi bekerja untuk negara, atau hanya sekedar menikmati dunia dari sudut pandang seorang turis. aku ingin mengabdi kepada negara walau sekecil apa pun. ingin seperti garuda yang selalu terbang untuk Indonesia.
aku suka menulis, dan aku mencintai dunia ini. aku ingin menulis untuk kepentingan negeri ku. membuat bangga diriku dengan tulisanku. dan yang paling penting aku ingin generasi penerus bangsa cinta pada buku agar mereka bisa bersaing dengan bangsa lain. aku hanya ingin mengabdi walau sekecil apa pun.

jawaban pertanyaan kedua adalah, aku tidak tahu pasti. hanya Tuhan yang bisa menjawabnya. tetapi untuk pertanyaan ketiga, aku ingin menjawabnya dengan harapan. aku ingin mati dengan damai, dikelilingi keluargaku, dan telah menghasilkan karya untuk mereka kenang.

jawaban keempat, lagi-lagi pertanyaan ini tidak bisa ku jawab (kan aku belum merasakannya...)

jawaban kelima, sepertinya aku harus membuat daftar hutang yang belum aku selesaikan.

jawaban keenam, tentu saja banyak hal yang ingin kulakukan dan kucapai sebelum aku meninggalkan dunia. aku ingin menyelesaikan kuliahku dengan baik dan memuaskan, melanjutkan S2 dan S3 di luar negeri (maunya sih di eropa atau amerika), ingin bekerja di Indonesia (jadi civitas akademik lagi, penulis....), menikah dengan orang Indonesia dan tinggal di Indonesia, punya rumah yang warnanya putih dan ada berandanya dimana aku bisa menikmati matahari, ingin pergi ke India (menikmati budaya mereka yang sangat eksotis), menuliskan dan menerbitkan buku, dan masih banyak dehh..

ingin seperti apa aku dikenang? aku ingin dikenang sebagai orang baik, hanya itu.

so guys, bagaimana dengan kalian??

You May Also Like

0 comments