MENJADI MAHASISWA

by - May 18, 2009

Aku telah menulis tentang menjadi mahasiswa beberapa waktu yang lalu. kini aku ingin sekali bercerita pada kalian bagaimana rasanya menjadi mahasiswa itu.
Mahasiswa adalah makhluk yang sangat dicita-citakan bagi semua lulusan SMA. menjadi mahasiswa adalah salah satu impian hidup.
menjadi mahasiswa adalah salah satu tantangan bagi setiap manusia. ada suka dan duka yang ada di sana. pengalaman selama satu semesterlah yang mendorongku menulis tentang hal ini.
kesenangan menjadi mahasiswa adalah kebanggaan menjadi mahasiswa itu sendiri. kesenangan mempunyai banyak teman dari berbagai penjuru nusantara, dan kesenangan menjadi anak kos yang jauh dari rumah.
kesenangan-kesenangan itu tentunya memiliki kesulitan tersendiri. bangga menjadi mahasiswa membawa tanggung jawab yang lebih besar. Aku jadi teringat oleh kata-kata Paman Peter "Spiderman" Parker tentang tanggung jawab.
"Seiring dengan datangnya kekuatan yang besar, adalah datangnya tanggung jawab yang lebih besar pula"
begitupula dengan kebanggaan, seiring dengan besarnya rasa bangga pada diri kita maka tanggung jawab yang lebih besar juga mengiringi kebanggaan kita.
kemudian masalah teman baru, banyaknya teman baru yang datang dari berbagai penjuru nusantara, semakin sulit kita beradaptasi dengan budaya yang mereka bawa dari masing-masing daerah. namun itu tidak masalah menurutku, tergantung dari diri kita bagaimana cara menyikapinya.
kesenanga yang lain adalah menjadi anak kos. menurutku ini kesenangan sekaligus tantangan. tantangan berat karena jauh dari pengawasan orang tua. ini adalah tantangan terberat. bagaimana tidak, selama ini kita yang selalu berada di bawah pengawasan orang tua tiba-tiba dilepas di dunia yang sama sekali asing bagi kita. dunia yang penuh godaan untuk menyimpang dan menyalahi kepercayaan. godaan yang bisa menghancurkan diri kita sendiri.
disinilah tantangannnya, kita dituntut untuk menamengi diri kita dengan sebuah kata "IMAN" agar tidak terjerumus sehingga bisa menghancurkan masa depan yang dengan susah payah kita bangun dari sekarang.
tugas-tugas akademik sebagai mahasiswa adalah tantangan tersendiri. namun itu bukanlah tantangan yang besar. karena aku yakin kita semua mampu menyelesaikannya dengan cara kita masing-masing.
menjadi mahasiswa adalah memasuki kehidupan yang sebenarnya. kehidupan orang dewasa yang sebelumnya belum kita kenal. kehidupan yang penuh tantangan hidup yang menuntut kita untuk selalu bertahan.
menjadi mahasiswa tidak semudah yang kita bayangkan selama ini. namun selama kita berpegang teguh kepada-NYA maka akan ada banyak kemudahan hidup yang secara tersirat hadir dalam menjalani kehidupan kita

You May Also Like

0 comments