HACKER TAK SELALU JAHAT

by - May 31, 2009

Hacker. Yang terbayang pertama kali di benak kita adalah seseorang yang merusak sistem jaringan komputer kita dan bahkan melakukan kejahatan dunia maya (cyber crime). Padahal tidak seluruhnya yang disebut hacker adalah orang yang kita pikirkan seperti diatas. Mari kita tinjau lagi pengertian hacker secara linguistik,
Hacker: hack.er = an expert at programming, solving problems with computer.
jadi, hacker adalah orang yang mengoperasikan komputer untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan jaringan komputer.
Jika kita pikir selama ini bahwa hacker adalah orang jahat yang merusak jaringan komputer, maka sebaiknya kita tengok yang dibawah ini, .Pak Onno misalnya adalah salah satu hacker kita. Bayangkan, siapa sangka ternyata wajan bisa menjadi antena wireless? Atau Pak Johar dan kawan-kawan, yang memungkinkan biaya akses internet menjadi lebih ekonomis (dan keuntungan lainnya) dengan bergotong royong membuat IIX (Indonesian Internet Exchange)? Atau kawan-kawan di AirPutih, yang memungkinkan komunikasi segera mulai berjalan kembali pasca tsunami ? Atau rekan-rekan di MicroAid Projects, yang memungkinkan orang dari seluruh dunia untuk memberikan sumbangan modal usaha ke berbagai UKM di pelosok Indonesia? Atau kawan-kawan di AWALI.org, yang memungkinkan warnet berjalan dengan Linux dengan lebih mudah ?

Masih berpikir bahwa semua hacker adalah orang aneh, jahat, dan tidak bisa dimaafkan????
Keep ur opinion.... ^_^

You May Also Like

0 comments