Dunia penuh warna

by - July 07, 2008

Kemarin saya mengikuti sebuah workshop di sebuah book fair yang diadakan di kota saya. Judul workshop itu adalah "Bengkel Penulisan", pembicara dalam forum itu adalah dua orang editor dari Agromedia Group (Mbak Windi dari Gagas Media dan Mas Deni dari Agromedia Group). Forum itu sangat menarik bagi saya. Dalam forum itu mereka memotivasi penulis pemula untuk bersemangat dalam menulis dan mempublikasikannya.
Forum itu membantu saya untuk menulis lebih baik lagi dan berani mempublikasikannya. Dalam forum itu saya bertanya tentang kesulitan saya dalam hal pendeskripsian suatu masalah. Mbak Windi yang menjawab pertanyaan saya berkata, "Meskipun kamu tidak pernah mengalami suatu hal atau tidak pernah mendatangi suatu tempat dan kamu ingin menulisnya, maka carilah informasi mengenai hal yang kamu tulis dan belajarlah menulis deskripsi tentang hal-hal kecil." Mbak Windi juga memberikan sebuah contoh tentang seorang penulis terkenal, yang saya lupa namanya, begini contohnya, penulis tersebut memakai setting tempat yang belum pernah dia datangi, dan cerdiknya, dia mencari informasi tentang tempat itu sedetail-detailnya dari buku, media massa, dan teman-teman yang sia ketahui pernah tinggal di tempat itu. penulis tersebut mampu membuat deskripsi melalui foto. Dan hal itulah yang menginspirasi saya untuk mencontohnya, yaitu mencari segala macam informasi tentang semua hal yang ingin saya tulis.
Dalam hal lain, Mbak Windi mengatakan, bahwa seandainya seorang penulis mempunyai deadline selama satu tahun untuk menulis dan harus menyetorkannnya diakhir tahun, maka dia menggunakan 8 bulan waktunya untuk mencari data dan proses penulisannya hanya memakan waktu 1-2 bulan saja.
Pembicara lain, yaitu Mas Deni, banyak menceritakan pengalamannya menjadi seorang penulis dan membagi kiat-kiat untuk menulis lebih baik. seperti bagaimana caranya membangkitkan mood menulis dan bagaimana caranya agar selalu berpikir kreatif.
Workshop itu membantu saya sebagai penulis pemula untuk membuat karya lebih baik

You May Also Like

0 comments